Rabu, 30 Maret 2011

Adakah Makhluk Yang Lebih Buruk Daripada Kamu??

Ada suatu kisah seorang santri yg menuntut ilmu pada seorang Kyai.

Bertahun2 telah ia lewati hingga smpai pd suatu ujian trakhr. Ia menghdap Kyai utk ujian tsb.
'hai Fulan, kau tlah menempuh smua tahapan blajar dan tinggal satu ujian, kalau kmu bs menjawab bearti kamu lulus', kata kyai.
'baik pak kyai, apa pertnyaan ny?'
'kamu cari org atau mahluk yg lbh jelek dr kamu, kamu akan aku beri wktu 3 hr'.
Akhrnya santri tsb meninggalkan pondok utk mlaksanakan tugas dan mencari jwbn atas prtnyaan kyai nya.

Hari pertama, sang santri bertemu dg si polan pemabuk berat yg dpt dikatakan hmpir tiap hari mabuk2an. Santri brkata dlm hati,'inilah org yg lbh jelek dr sy. Aku tlah bribdah puluhan tnn sdang dia mabuk2an trus'.
Tetapi sesampai rumah, timbul pikirannya,'belum tentu sekarang polan mabuk2an siapa tau pd akhr hayatnya alloh memberi hidayah dan dia khusnul khotimah dan aku skrg baik bnyak ibdh tp pd akhr hayat dkehendaki su'ul khotimah, bgaimana? Dia blm tntu lbh jelek dr saya.
Hari ke dua, santri jalan keluar rumah dan ketemu dg seekor anjing yg menjijik kan rupanya, sdh bulunya kusut, kudisan dsbg. Santri bergumam
'ketemu skrg yg lbh jelek dr aku. Anjing ini sdh haram dimakan, kudisan, jelek lg'.
Santri gembira krna telah dpt jawabn ats prtnyaan gurunya. Waktu akan tidur dia merenung, anjing itu kalau mati, hbis perkara dia. Dia tdk dimintai tanggung jwb atas perbuatan nya oleh alloh, sdgkn aku akan dimintai pertanggung jwbn yg sangat berat yg kalau aku berbuat bnyak dosa akan masuk neraka aku. Aku tdk lebih baik dr anjing itu.

Hari ketiga akhrnya santri menhadap kyai.
Kyai bertanya, "sudah dapat jwbn nya muridku?"
Lalu ia menjawab sudah guru, trnyata org yg paling jelek adlh saya guru.
Sang kyai trsenyum, kamu aku nyatakan lulus.
Pelajaran yg dpt kt petik adl, selama kt masih sama2 hdup kita tdk boleh sombong atau merasa lebih baik dr org dan mahluk lain.

Yg berhak sombong adl Allah, krna kita tdk tau bgaimana akhr hdup kt nanti. Dg dmikian maka kt akan blajar brprasangka baik kpd orang dan mahluk lain yg samA ciptaan alloh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar