Senin, 04 April 2011

Bidadari Hiasilah Dirimu Dengan Pelangi

Bismillahirrahmanirrahiim...
 
"Bidadari, Hiasilah Dirimu dengan Pelangi"
 
Daftar Isi
Jilbab adalah Salah satu Sekolah Akhlak bagi para Muslimah
Karena Muslimah ingin Dimengerti
Dari Luar Mencegah Gangguan. Dari dalam Menahan, Kemudian Menyebabkan Keindahan...
 
***
Rangkaian #1
Jilbab adalah Salah satu Sekolah Akhlak bagi para Muslimah
 
Allah memberikan karunia kepada setiap Muslim berupa karunia Iman. Karunia yang mampu merubah hati seorang muslim menjadi baik. Dan sikap baik tidaklah langsung di dapat dengan secara serta merta dan dilatih tanpa sebab. Sehingga sikap yang baik itu diperoleh dengan kesabaran dan belajar untuk membiasakan diri dalam melakukannya. Dan salah satu media belajar bagi para muslimah dalam mentaati perintah adalah memelihara diri, yang dimana keterpeliharaan ini dicicil salah satunya dengan ketaatannya terhadap perintah berjilbab. 
 
Berjilbab, tak mesti harus sempurna memiliki akhlak yag baik dulu barulah seorang muslimah berjilbab, yang penting mereka adalah seorang Muslim. Ini sudah cukup karena orang-orang muslim adalah orang-orang yang berserah diri kepada Allah. Karena jilbab adalah perintah yang lain dari perintah atas akhlak yang baik, namun kita tidak dapat pungkiri bahwa ketaatan dalam perintah berjilbab ini setidak-tidaknya mampu mencicil ketaatan mereka dalam melengkapi ketaatan yang lain, sehingga ketaatan itu membiasakan diri mereka untuk mengajarkan akhlak yang baik hingga menjadikan karakter di dalam diri mereka.
 
Apakah seorang siswa harus menjadi pintar terlebih dahulu sebelum ia masuk sekolah? Tidak, karena siswa yang masuk sekolah itu justru bertujuan agar ia menjadi manusia yg pintar sehingga jika ia sudah pintar maka iapun akan berbahagia atas apa yang ia peroleh. Begitupun juga dengan muslimah, tidak harus akhlaknya baik dahulu baru berjilbab, karena jilbab adalah sekolah akhlak baginya, agar dengan sekolah itu ia membiasakan dirinya untuk membina akhlaknya menjadi baik dengan ketaatan kepada perintah yang lainnya. Jika akhlaknya sudah baik, maka ia akan berbahagia, di tempat(milik)nya yaitu Syurga... Subhanallah..
Insya Allah
 
Jadi bukanlah sebuah alasan yang tepat jika ada pernyataan jilbabkan hati secara menyeluruh dahulu baru jilbabkan kepala hanya karena khawatir akan mencoreng nama baik islam. Seorang yang berjilbab bukanlah manusia yang telah mustahil dalam berdosa, sama seperti diri kita semua, semua tidak luput dari dosa-dosa, hanya saja kita semua berusaha untuk menghindari dosa-dosa dengan cara membiasakan diri dalam ketaatan. Berharap agar Allah karuniakan perilaku yang baik kepada kita agar bermanfaat bagi diri kita dan orang lain. 
 
 
Rangkaian#2
Karena Muslimah ingin Dimengerti
 
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin:"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka."Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 
Al-Ahzab:59
 
Betapa lembut dan halusnya Allah dalam memberikan nasihat kepada muslimah untuk menutupi tubuh mereka dengan jilbab. Dia tidak secara langsung memerintahkan mereka untuk mengenakan jilbabnya. Namun apalah arti langsung dan tidak langsung dalam penyampaian nasihat, keduanya tetap memiliki tujuan dari perintah yang sama. Perlakuan khusus dalam penyampaian ini merupakan cara dari yang Maha Lembut untuk lebih menghargai dan lebih memberikan pengertian kepada para muslimah dalam membuat mereka belajar mengambil hikmah dari apa yang diperintahkan tanpa harus membuat diri mereka merasa diintimidasi. Semua itu merupakan salah satu pendekatan agar nasehat tersebut menjadi lebih hikmah di hati mereka karena jilbab bukan hanya sebuah kata “penggunaan” melainkan juga tempat dirinya belajar mengambil hikmah tentang fitrahnya dalam menutupi auratnya dari pandangan siapa yang tidak halal untuk memandangnya.
 
Maka, muslimah mana yang akan menolak untuk melakukan sesuatu jika sesuatu yang mereka lakukan itu adalah sama dengan muslimah-muslimah sholehah layaknya wanita-wanita yang bertaqwa lagi menjaga kesucian (yang menjadi istri Nabi)?
 
 
Rangkaian#3
Dari Luar Mencegah Gangguan. Dari dalam Menahan, Kemudian Menyebabkan Keindahan...
 
Tentunya kita semua masih ingat tentang suatu lapisan yang menyelimuti bumi yaitu atmosfer. Seperti yang kita ketahui, manfaat atmosfer bagi bumi yaitu mampu menangkal segala gangguan kosmik yang berbahaya namun dari dalam ia membatasi sesuatu untuk lepas dari bumi. 
 
Dan siapa yang tidak tahu tentang jilbab. Suatu pakaian dan kain yang menutupi aurat muslimah sehingga dengan itu akan membatasi pandangan orang lain untuk melihat aurat-aurat  mereka. Sehingga ancaman buruk kepada para muslimah akan lebih dapat dihindari.
 
Setelah kita melihat antara kedua perihal antara atmosfer dan jilbab tadi. Maka kita akan menemukan sebuah kesamaan fungsi yang dimiliki keduanya di mana  atmosfer mampu mencegah gangguan dari luar serta dari dalam mampu menahan sesuatu keluar dari bumi. Begitupun dengan fungsi jilbab itu sendiri di mana jilbabpun mampu mengurangi bahkan mencegah siapa yang menggunakannya sehingga diharapkan mampu menjadikan siapa yang menggunakannya terpelihara dari gangguan. Dan seiring dengan itu dapat menjadikannya belajar untuk memelihara apa yang pantas dipelihara olehnya, sehingga dengan sendirinya ia akan terbiasa untuk membatasi diri dari apa yang di haramkan kepadanya termasuk keterpeliharaan pandangan dan keterpeliharaan perilakunya. 
 
Namun selain fungsi atmosfer sebagai perisai, di balik itu ternyata atmosfer juga penyebab dari suatu fenomena indah yang terdapat di bumi yang di mana kita mengenalnnya dengan pelangi. Lantaran salah satu penyebab terjadinya pelangi identik dengan keadaan atmosfer. Di mana pelangi disebabkan oleh tata atmosfer yang membawa kandungan kristal es ataupun adanya perbedaan kerapatan sehingga hal itu dapat mendukung untuk terciptanya fenomena optis seperti halnya pelangi yang terjadi pada fenomena Hallo(suatu fenomena pelangi yang melingkari matahari ataupun bulan.) 
 
Dan setiap muslimah yang berusaha untuk belajar dengan mentaati perintah Allah dalam membina akhlaknya menjadi baik dengan demikian hal itu dapat mengajarkan kepribadiannya menjadi lebih indah.
 
Keindahan itu merupakan hasil dari pahatan yang baik, dan pahatan yang baik itu di peroleh dari alat pahat yang dirancang untuk kebaikan, dan bagi mereka adalah jilbab
karena jilbab adalah salah satu alat untuk mengajarkan mereka kepada ketaatan agar ketaatan itu diharapkan dapat mengajarkan dirinya terbiasa untuk taat kepada perintah yang lain. Sehingga ketaatan-ketaatan itu akan menghasilkan suatu perilaku yang baik. Kemudian perilaku yang baik itu melahirkan kepribadian yang indah bagi dirinya yang mejadi perisai bagi dirinya dan bermanfaat bagi orang lain serta menjadi perhiasan bagi suaminya. Subhanallah 
Insya Allah
 
Wallahu Alam
 
Jika kesucian diperoleh dari keterpeliharaan
Jika keindahan diperoleh dari baiknya perilaku
Jika KecintaanNya diperoleh dari tangan yang menengadah karena Bertaubat
 
Maka, hiasilah dirimu dengan pelangi...
 
 
Semoga Allah memaafkan kita semua ketika kita bersalah
Allahuma Amiin
 
Wallahu alam.
 
 
***
“Bidadari Hiasilah Dirimu dengan Pelangi”(Beta)
 
 
Publisher:
Moslemwork.Net
Spreading Knowledge Worldwide
 
Rule of Play(Standard):
Ifalosophy
The Gentleness is A Beauty^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar