Sabtu, 02 April 2011

Ibu

Bismillahirahmanirahim...
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Hmmm.. Catatan ana kali ini tentang ibu.. Ya, ibu yang kasih sayangnya tak terhingga untuk kita.. Berikut ini ana kutib kata-kata Imam Adz-Dzhabi dalam kitabnya Al-Kabair.Beliau berkata,"Ibumu telah mengandungmu didalam perutnya selama 9 bulan seolah-olah 9 tahun.Dia bersusah payah melahirkanmu yang hampir saja menghilangkan nyawanya.Dan dia telah menyusuimu dari teteknya,dan ia hilangkan rasa kantuknya karena menjagamu.Dan dia cuci kotoranmu dengan tangan kanannya,dia utamakan dirimu atas dirinya serta atas makanannya.Dia jadikan pangkuannya sebagai ayunan bagimu.Dia telah memberimu semua kebaikan.Apabila kamu sakit atau mengeluh,tampak darinya kesusahan yang luar biasa dan panjang sekali kesedihannya.Dia keluarkan harta untuk membayar dokter yang mengobatimu dan seandainya dipilih antara hidupmu dan kematiannya,maka dia akan meminta supaya kamu hidup dengan suara yang paling keras.
Betapa banyak kebaikan ibu.Dia mendoakanmu dengan taufiq,baik secara sembunyi maupun terang-terangan.Tatkala ibumu membutuhkanmu disaat dia sudah tua renta,engkau jadikan dia sebagai barang yang tidak berguna disisimu.
Engkau kenyang dalam keadaan dia lapar.Engkau puas dalam keadaan ibumu haus.Dan engkau mendahulukan berbuat baik kepada istri dan anakmu daripada ibumu.Engkau lupakan kebaikan apa yang telah dia buat.Dan rasanya berat atasmu memelihara padahal itu adalah urusan yang mudah dan engkau kira ibumu ada disisimu panjang padahal umurnya pendek.Engkau tinggalkan dia padahal ia tidak punya penolong selainmu.."
Bunda maafkan anakmu ini bunda...

I Love You so much..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar