Jumat, 01 April 2011

Rasulullah Dan Uang 8 Dirham

Suatu hari Rosulullah SAW bermaksud belanja. Dengan bekal uang 8 dirham, beliau bermaksud membeli pakaian dan peralatan rumah tangga. Belum juga sampai di pasar, beliau mendapati seorang wanita yang sedang menangis. Apakah sedang ditimpa musibah? Perempuan itu menyampaikan bahwa ia seorang budak yang sedang kehilanagan uang sebesar 2 dirham. Ia menangis sangat takut didera majikannya. 2 dirham dikeluarkan dari saku Rosulullah SAW untuk menghibur perempuan malang tersebut.. kini tinggal 6 dirham. Beliau bergegas membeli gamis, pakaian kesukaannya. Akan tetapi baru beberapa langkah dari pasar, seorang tua lagi miskin setengah teriak berkata,”Barangsiapa yang memberiku pakaian, niscaya Allah akan mendandaninya kelak.” Rosulullah memeriksa laki-laki tersebut. Pakaiannya lusuh, tak pantas lagi dipakai. Gamis yang baru dibelinya, dilepas dan diberikan sukarela kepadanya. Beliau tak jadi memakai baju baru.
Dengan langkah ringan beliau hendak segera pulang. Akan tetapi lagi-lagi beliau harus bersabar. Kali ini beliau menjumpai perempuan yang diberi 2 dirham tersebut mengadukan persoalan, bahwa ia takut pulang. Ia khawatir akan dihukum oleh majikannya karena terlambat. Sebagai budak saat itu nilainya tak lebih dari seekor binatang. Hukuman fisik sudah sangat lazim diterima. Rosulullah di utus ke dunia untuk melakukan pembelaan terhadap kaum jelata.

Dengan senang hati belaiu antarkan prempuan tersebut ke rumah majikannya. Sesampainya di rumah, beliau mengucapkan salam. Sekali, dua kali belum ada jawaban. Baru salam yang ketiga dijawb oleh penghuni rumah. Nampaknya semua penghuni rumah itu adalah perempuan. Ketika ditanya kenapa salam beliau tidak dijawab, pemilik rumah itu mengatakan sengaja tidak menjawab dengan maksud didoakan salam rosulullah 3x.
Subhanallah,, seorang yg begitu agung namun selalu bersahaja.. Dialah Uswatun hasanah qta. Muhammad Rosulullah Shalallahu'alaihi wasallam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar